12 Juli 2014

West Papua pada festival Seni Budaya Melanesia

Papuan Activist
Oleh Jonas Cullwick in Daily Vanuatu

Sebuah delegasi besar dari Papua Barat berpartisipasi dalam Melanesian Festival 5th Seni dan Budaya di Port Moresby, diselenggarakan oleh Papua Nugini, yang di minggu kedua dan akhir pekan ini. Hal ini dikonfirmasi oleh Perdana Menteri Vanuatu Joe Natuman yang berada di Port Moresby untuk menghadiri Melanesian Spearhead Group (MSG) Pemimpin Summit khusus, yang bertepatan dengan pembukaan festival seni dan budaya.


Natumanmengatakan kepada mediaVanuatudalam konferensi perssetelah kembali,kehadiranPapua Baratdi festivalMelanesiaseni dan budayamerupakan bagian darilangkah olehMSGuntuk melihatpeningkatanpartisipasiMelanesiadiPapuaBarat danIndonesiadalam programMSG.Dia mengatakan itudiharapkan memilikiPapuaBarat jugaberpartisipasi dalamMelanesiaGameberikutnya,yang menyatukanatlet darianggotaMSG.

Peserta dariPapuaNugini,Fiji,KepulauanSolomon,FLNKSdi Kaledonia BarudanVanuatudan Papua Baratberada diMelanesiaArtsFestivalBudaya5 dandiPNG.

Padaretretmereka selamaLeadersMSGSummitkhusus,para pemimpin"didukungbahwaMSGmendorongpenguatandan partisipasidariMelanesiadiIndonesiadiMSGKegiatan danProgram."

MSGPemimpindianggap sebagaiMenteri Luar NegeriLaporanRapatSeni danBudayadan mengadopsikeputusan pentingberikut:Pemimpinmencatat bahwaKepulauanSolomonakan menjadi tuan rumahMelanesiaArtsFestival6 danKebudayaanpada tahun 2018;PemimpinmendukungresolusirevisiSimposiumKebudayaandiadakan selamaMelanesiaArtsFestival4 danKebudayaanpada tahun 2010di Kaledonia Baru;Para Pemimpinsetujuuntuk anggotauntuk mempertimbangkanbekerja menujubahasa yang umumuntukmenjadi bahasaresmidariorang-orangMelanesia;danPemimpinmendesakanggota untukmenyelesaikan ratifikasiPerjanjian tentangPengetahuan Tradisionaldan EkspresiBudayasebelum akhir2014.

PemimpindarianggotaMSG-PNG,Fiji,KepulauanSolomon,FLNKSKaledonia Baru,Vanuatudansepakat untuk bertemudi KepulauanSolomonpada tahun 2015pada tanggaldanvenuebelum ditentukan.

0 komentar:

Poskan Komentar

More on this category »